Pemasaran
- Pengertian pasar dan pemasaran
a. Pengertian
pasar secara sempit
Pasar adalah suatu tempat pertemuan
penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli dan jasa.
b. Pengertian
pasar secara luas
Pasar adalah tempat bertemunya penjual
yang mempunyai kemampuan untuk menjual barang / jasa dan pembeli yang melakukan
uang membeli barang dengan harga tertentu.
- Pengertian Pemasaran
Ada beberapa definisi mengenai
pemasaran diantarannya adalah :
a. Philip
Kotler , pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi
kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
b. Philip
Kotler dan Amstrong , pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan
managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka
butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbale balik produk dan
nilai dengan orang lain.
c. Pemasaran
adalah suatu system total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk
merencanakan , menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang – barang
yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
d. W
Stanton , pemasaran adalah system keseluruhan dari kegiatan usaha yang
ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga , mempromosikan dan
mendistribusikan barang – barang yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli ataupun
pembeli potensil.
- Jenis – jenis pasar
a. Jenis
– jenis pasar menurut bentuk kegiatannya dibagi menjadi dua :
§
Pasar Nyata
Pasar Nyata yaitu pasar yang dimana
barang – barang yang akan diperjual belikan dapat dibeli oleh pembeli . jika
dapat saya menambahkan , pasar nyata adalah pasar yang transaksinya berlangsung
secara nyata dimana penjual dan pembeli bertemu secara langsung dan barang yang
diperjual belikan nyata . Contohnya : Pasar tradisional dan pasar swalayan.
§
Pasar Abstrak
Pasar abstrak adalah pasar dimana
pembeli tidak menawar barang – barang yang akan dijual dan tidak membeli secara
langsung tetapi hanya dengan surat dagangnya saja . Namun apabila saya menambahkan pasar abstrak adalah pasar dimana
pembeli dan penjual tidak bertemu secara langsung, dan barang yang diperjual
belikan belum nyata. Contoh : Pasar online, pasar saham,pasar modal dan valuta
asing.
b. Jenis
pasar menurut cara transaksinnya
§
Pasar modern : pasar yang bersifat
modern dimana barang – barang yang diperjual belikan dengan harga pas dan
dengan layangan sendiri.
§
Pasar tradisional : pasar yang bersifat
tradisional dimana barang yang diperjualbelikan dapat ditawar dan jual belinnya
di layani oleh penjual.
c. Pasar
menurut keluasan distribusinya
Menurut keleluasaan distribusinya
barang yang dijual pasar dapet dibedakan menjadi :
§
Pasar Lokal
§
Pasar Deraah
§
Pasar Nasional
§
Pasar Internasional.
- Konsep – konsep inti pemasaran
Konsep – konsep inti pemasaran meliputi
kebutuhan , keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan,
pertukaran, transaksi, dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat
membedakan antara kebutuhan, keinginan, dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu
keadaan yang dirasakannya ketidak kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah
kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan – kebutuhan
yang lebih mendalam. Sedangkan permintaan adalah keinginan akan produk yang
spesifik yang didukung dengan kemampuan dan ketersediaan untuk membeli.
Menurut saya penjabaran diatas sudah
baik namun apabila boleh saya tambahkan, konsep konsep inti pemasaran merupakan konsep – konsep penunjang untuk
memenuhi segala kebutuhan , keinginan, serta permintaan. Dimana konsep konsep
tersebut harus bisa memenuhi semua lingkup dari konsep – konsep inti pemasaran
tersebut.
- Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran adalah empat komponen
dalam pemasaran yang terdiri dari 4P yakni
§ Product (produk)
§ Price (harga)
§ Place (tempat, termasuk juga distribusi)
§ Promotion (promosi)
Karena pemasaran bukanlah ilmu pasti
seperti keuangan, teori bauran pemasaran juga terus berkembang. Dalam
perkembangannya, dikenal juga istilah 7P dimana 3P yang selanjutnya adalah
People (Orang), Physical Evidence (Bukti Fisik), Process (Proses). Penulis buku
Seth Godin, misalnya, juga menawarkan teori P baru yaitu Purple Cow.
Pemasaran lebih dipandang sebagai seni daripada ilmu, maka seorang ahli
pemasaran tergantung pada lebih banyak pada ketrampilan pertimbangan dalam
membuat kebijakan daripada berorientasi pada ilmu tertentu.
Pandangan ahli ekonomi terhadap pemasaran adalah dalam menciptakan waktu, tempat dimana produk diperlukan atau diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen (konsep pemasaran).
Metode pemasaran klasik seperti 4P di atas berlaku juga untuk pemasaran internet, meskipun di internet pemasaran dilakukan dengan banyak metode lain yang sangat sulit diimplementasikan diluar dunia internet.
Pandangan ahli ekonomi terhadap pemasaran adalah dalam menciptakan waktu, tempat dimana produk diperlukan atau diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen (konsep pemasaran).
Metode pemasaran klasik seperti 4P di atas berlaku juga untuk pemasaran internet, meskipun di internet pemasaran dilakukan dengan banyak metode lain yang sangat sulit diimplementasikan diluar dunia internet.
- Management Pemasaran
Manajemen
pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler
dan Armstrong pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan
pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun,
dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk
mencapai tujuan perusahaan. Sedangakan manajemen adalah proses perencanaan
(Planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan.
Jadi dapat
diartikan bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan,
penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan,
membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar
sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.
- Tujuan Sistem Pemasaran:
1. Memaksimalkan konsumsi , maksudnya disini sistem pemasaran bertujuan untuk memaksimalkan
Tingkat konsumsi masyarakat agar dapat
memenuhi keinginan para konsumen dengan baik.
2. Memaksimalkan kepuasan konsumen, maksudnya disini adalah system pemasaran harus bisa
Memenuhi setiap keinginan konsumen,
sehingga bisa memaksimalkan kepuasan konsumen.
3. Memaksimalkan kualitas hidup , maksudnya adalah apabila keinginan konsumen terpenuhi dan konsumen merasa terpuaskan sudah barang tentu kualitas hidup nya akan baik.
- Pendekatan dalam mempelajari pemasaran
Pemasaran tujuan
system pemasaran, memaksimumkan Mutu Hidup Termasuk didalamnya kualitas,
kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang ; mutu lingkungan fisik; dan
mutu lingkungan kultur pendekatan dalam mempelajari pemasaran, pendekatan Seba
Fungsi dari apa saja kegiatan pokok pemasaran, yaitu : pembelian, pengangkutan,
penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan
grading, pengumpulan informasi pasar Pendekatan Serba Lembaga Dilihat dari
lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen,
suplier, perantara dagang dsb Pendekatan Serba barang (Pendekatan Organisasi
Industri) Studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen
akhir atau konsumen industri Pendekatan Serba Manajemen Dilihat dari pendapat
manajer serta keputusan yang diambil
Pemasaran pendekatan dalam mempelajari
pemasaran, pendekatan Serba Sistem Menyangkut elemen-elemen yang luas dalam
sistem pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk, dan
lembaga.
Terimakasih
kepada bapak / ibu dan blogger yang secara tidak langsung membantu
terselesaikannya tugas saya dan mohon maaf apabila saya menambahkan
pendapat dalam tugas saya ini
http://www.slideshare.net/opexs/pemasaran
www. google.com
http:// melaniablog.blogspot.com
http//:shvoong.com dan
google.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar