Minggu, 15 Januari 2012

Pemasaran

   Pemasaran
  •   Pengertian pasar dan pemasaran
a.     Pengertian pasar secara sempit
Pasar adalah suatu tempat pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli dan jasa.
b.     Pengertian pasar secara luas
Pasar adalah tempat bertemunya penjual yang mempunyai kemampuan untuk menjual barang / jasa dan pembeli yang melakukan uang membeli barang dengan harga tertentu.

  • Pengertian Pemasaran
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantarannya adalah :
a.     Philip Kotler , pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
b.     Philip Kotler dan Amstrong , pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbale balik produk dan nilai dengan orang lain.
c.     Pemasaran adalah suatu system total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan , menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang – barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
d.     W Stanton , pemasaran adalah system keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga , mempromosikan dan mendistribusikan barang – barang yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli ataupun pembeli potensil.
  • Jenis – jenis pasar
a.     Jenis – jenis pasar menurut bentuk kegiatannya dibagi menjadi dua :
§  Pasar Nyata
Pasar Nyata yaitu pasar yang dimana barang – barang yang akan diperjual belikan dapat dibeli oleh pembeli . jika dapat saya menambahkan , pasar nyata adalah pasar yang transaksinya berlangsung secara nyata dimana penjual dan pembeli bertemu secara langsung dan barang yang diperjual belikan nyata . Contohnya : Pasar tradisional dan pasar swalayan.
§  Pasar Abstrak
Pasar abstrak adalah pasar dimana pembeli tidak menawar barang – barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan surat dagangnya saja . Namun apabila saya  menambahkan pasar abstrak adalah pasar dimana pembeli dan penjual tidak bertemu secara langsung, dan barang yang diperjual belikan belum nyata. Contoh : Pasar online, pasar saham,pasar modal dan valuta asing.
b.     Jenis pasar menurut cara transaksinnya
§  Pasar modern : pasar yang bersifat modern dimana barang – barang yang diperjual belikan dengan harga pas dan dengan layangan sendiri.
§  Pasar tradisional : pasar yang bersifat tradisional dimana barang yang diperjualbelikan dapat ditawar dan jual belinnya di layani oleh penjual.
c.     Pasar menurut keluasan distribusinya
Menurut keleluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapet dibedakan menjadi :
§  Pasar Lokal
§  Pasar Deraah
§  Pasar Nasional
§  Pasar Internasional.
  • Konsep – konsep inti pemasaran
Konsep – konsep inti pemasaran meliputi kebutuhan , keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan, pertukaran, transaksi, dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan, dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan yang dirasakannya ketidak kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan – kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan ketersediaan untuk membeli.
Menurut saya penjabaran diatas sudah baik namun apabila boleh saya tambahkan, konsep konsep inti pemasaran  merupakan konsep – konsep penunjang untuk memenuhi segala kebutuhan , keinginan, serta permintaan. Dimana konsep konsep tersebut harus bisa memenuhi semua lingkup dari konsep – konsep inti pemasaran tersebut.

  • Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P yakni
§  Product (produk)
§  Price (harga)
§  Place (tempat, termasuk juga distribusi)
§  Promotion (promosi)

Karena pemasaran bukanlah ilmu pasti seperti keuangan, teori bauran pemasaran juga terus berkembang. Dalam perkembangannya, dikenal juga istilah 7P dimana 3P yang selanjutnya adalah People (Orang), Physical Evidence (Bukti Fisik), Process (Proses). Penulis buku Seth Godin, misalnya, juga menawarkan teori P baru yaitu Purple Cow. Pemasaran lebih dipandang sebagai seni daripada ilmu, maka seorang ahli pemasaran tergantung pada lebih banyak pada ketrampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada berorientasi pada ilmu tertentu.
Pandangan ahli ekonomi terhadap pemasaran adalah dalam menciptakan waktu, tempat dimana produk diperlukan atau diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen (konsep pemasaran).
Metode pemasaran klasik seperti 4P di atas berlaku juga untuk
pemasaran internet, meskipun di internet pemasaran dilakukan dengan banyak metode lain yang sangat sulit diimplementasikan diluar dunia internet.

  • Management Pemasaran
Manajemen pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler dan Armstrong pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangakan manajemen adalah proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan.
Jadi dapat diartikan bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.

  •  Tujuan Sistem Pemasaran:

1.  Memaksimalkan konsumsi , maksudnya disini sistem pemasaran bertujuan untuk memaksimalkan
     Tingkat konsumsi masyarakat agar dapat memenuhi keinginan para konsumen dengan baik.

2. Memaksimalkan kepuasan konsumen, maksudnya disini adalah system pemasaran harus bisa
    Memenuhi setiap keinginan konsumen, sehingga bisa memaksimalkan kepuasan konsumen.

3. Memaksimalkan kualitas hidup , maksudnya adalah apabila keinginan konsumen terpenuhi dan     konsumen merasa terpuaskan sudah barang tentu kualitas hidup nya akan baik.

  •  Pendekatan dalam mempelajari pemasaran
Pemasaran tujuan system pemasaran, memaksimumkan Mutu Hidup Termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang ; mutu lingkungan fisik; dan mutu lingkungan kultur pendekatan dalam mempelajari pemasaran, pendekatan Seba Fungsi dari apa saja kegiatan pokok pemasaran, yaitu : pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan grading, pengumpulan informasi pasar Pendekatan Serba Lembaga Dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen, suplier, perantara dagang dsb Pendekatan Serba barang (Pendekatan Organisasi Industri) Studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau konsumen industri Pendekatan Serba Manajemen Dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil
Pemasaran pendekatan dalam mempelajari pemasaran, pendekatan Serba Sistem Menyangkut elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk, dan lembaga. 

Terimakasih kepada bapak / ibu dan blogger yang secara tidak langsung membantu terselesaikannya tugas saya dan mohon maaf apabila saya menambahkan pendapat dalam tugas saya ini

http://www.slideshare.net/opexs/pemasaran
www. google.com
 http:// melaniablog.blogspot.com
http//:shvoong.com dan google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar